Vacation

Wisata Petualangan ke Gunung Bromo

November 23, 2016

Salah satu bucket list saya tahun ini adalah liburan petualangan ke Gunung Bromo. Sayangnya hingga saat ini belum terealisasi, semoga bulan depan saya dan suami bisa honeymoon ke Gunung Bromo untuk menikmati akhir tahun. Gunung Bromo, siapa sih yang gak kenal dengan Gunung Bromo? Gunung yang berlokasi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini sangat terkenal bahkan hingga ke manca negara. Meski belum pernah ke sana, saya sering googling atau melihat foto teman/saudara yang berkunjung ke sana. Ack pemandangannya sangat indah dan menakjubkan. Kamipun sudah membuat itinerary, tinggal realisasinya aja nih. Itinerary kami buat berdasarkan informasi saudara yang kebetulan tinggal di sana dan hasil bertanya kepada beberapa teman yang pernah berkunjung ke sana.

Kalau ada kesempatan berpetualang ke Gunung Bromo, saya dan suami ingin mampir  ke air terjun cantik yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Lokasinya berada di Dusun Bragah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Oiya akses menuju ke Gunung Bromo ini melalui Probolinggo ya, jadi sekalian lewat Probolinggo, apasalahnya mampir ke air terjun cantik ini.

air-terjun

Air terjun Mandakaripura. Sumber manusialembah.blogspot.com

Air terjun ini namanya air terjun Mandakaripura. Akses menuju ke sana juga cukup mudah, katanya saat sampai di daerah pertigaan Tongas, perjalanan dilanjutkan dengan angkot. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa, dan air terjun tertinggi ke dua di Indonesia. Oiya, teman berpesan kalau ke sini saya jangan lupa membawa payung atau jas hujan, karena air terjung ini tinggi sekitar 200 meter, membuat wisatawan yang berada di sekitar air terjun ini seperti kehujanan.  Suasana hutan tropis yang mengelilingi air terjun ini juga keren banget katanya, hijau, cantik. Kata saudara yang pernah berkunjung ke sini, trek menuju air terjun konon sedikit sulit karena sempit dan licin dan agak jauh, tetapi ketika tiba di air terjun tersebut puas, terbayarkan rasa capeknya. Tambah penasaran deh. Saya suka sekali dengan air terjun, kebayang airnya yang dingin dan segar.

Nah, setelah dari air terjun Mandakaripura, perjalanan selanjutnya adalah ke Gunung Bromo. Di Bromo ada beberapa view point, yaitu Pananjakan, Bukit Kingkong, Seruni Point, Bukit Cinta, dan Puncak B29 Bromo, dari view point ini kita bisa memandang hamparan Gunung Bromo, biasanya wisatawan datang sebelum matahari terbit untuk menunggu sunrise dari view point ini.  Setelah itu kita bisa menuju ke Kawah Gunung Bromo. Menurut informasi, kawah unik ini bisa ditempuh dengan jalan kaki atau menaiki kuda-kuda yang bisa disewa di sana. Perjalanan dilanjutkan dengan menaiki anak tangga sebanyak 250 anak tangga. Kebayang ya capeknya? tapi yakin deh rasa capeknya akan terbayar saat mencapai puncak bibir kawah. Berada di sini konon kita serasa sedang mendarat di bulan karena sejauh mata memandang warna dominan di bumi adalah abu-abu. Ya ampun kebayang kerennya. Huhu pengen!

bromo

Sunrise di Bromo. Sumber : solehnahrobykusumaputra.blogspot.co.id

Pernah dengar pasir berbisik? Iya film yang dibintangi Dian Sastrowardoyo dan Christine Hakim mengambil Padang Savana sebagai lokasi syuting untuk scene utama di Film Pasir Berbisik. Pasir berbisik sebenarnya hanya istilah saja, karena ini adalah lautan pasir. Lokasi pasir berbisik ini juga indah. Lihat deh beberapa foto di bawah ini. Hamparan luas lautan pasir yang membentuk motif berkelok-kelok seperti bekas ular merayap. Motif itu timbul karena tiupan angin yang berhembus di lautan pasir ini. Menurut teman, pasir berbisik ini memang pasirnya “berbisik” karena saat tertiup angin perlahan saling bergesekan, kalau kita dengar lebih dekat katanya seperti pasir yang sedang berbisik.

pasir-berbisik

Pasir berbisik. Sumber :solehnahrobykusumaputera.blogsot.co.id

Duh keren banget ya Gunung Bromo ini. Mana banyak pilihan hotel yang terjangkau pula di dekat Bromo. Tinggal booking melalui Traveloka, kita bisa menentukan pilihan hotel yang tepat, sesuai selera dan kondisi keuangan. Itinerary yang saya buat udah kece dan komplit kan? tinggal realisasinya aja nih, doakan ya semoga bisa segera honeymoon nih ke Bromo. Aamiin yang kenceng.

 

You Might Also Like

1 Comment

  • Reply Ndy Pada December 5, 2016 at 11:35 am

    Bromo wajib masuk list tujuan liburan tahun depan kayaknya nih..
    Thank u for sharing :)

  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: