Financial HappyFresh The Urban Mama

#TUMLuncheon Mei 2015 bersama Mbak Fioney Sofyan

May 25, 2015

IMG_4839

Senang sekali kemarin menghadiri #TUMLuncheon bersama mbak Fioney Sofyan dengan tema Mengelola Keuangan menjelang Idul Fitri. #TUMLuncheon ini diadakan di Anomali Coffee, Menteng. Saya berangkat sekeluarga, bersama Iyay dan anak-anak. Sekitar pukul 09.30wib saya sudah tiba di sana. Acara dipandu oleh mama Yardian dan dilanjutkan sharing tips mengenai mengelola keuangan menjelang idul Fitri oleh mbak Oney.

Sedikit sharing ilmu di #TUMLuncheon kemarin:

Ada beberapa hal yang urban mama perlu ketahui mengenai hari raya Idul Fitri, yaitu:

  1. Pasti terjadi setiap tahun
  2. Pasti didahului dengan bulan puasa
  3. Pasti harga-harga naik
  4. Pasti pengeluaran bertambah
  5. Pasti harus pulang kampung

Dan bagaimana mempersiapkan?sebaiknya membuat Rencana. Supply pasti berkurang selama bulan puasa, jadi kita harus menyikapinya dengan membuat rencana. Misalnya, buat rencana dalam menyiapkan menu makan dalam satu bulan, rencana belanja selama puasa. Mama dapat memasak makanan yang dapat disimpan lama atau 1/2 matang, jangan lupa libatkan anggota keluarga lainnya dan anak-anak dalam perencanaan menu selama bulan puasa ya.

Bulan puasa juga identik dengan harga-harga naik. Upayakan saat berbelanja kebutuhan ramadhan tidak saat shaum, biasanya keinginan belanja seseorang akan meningkat ketika sedang lapar. Sebaiknya berbelanja kebutuhan ramadhan dilakukan jauh-jauh hari sebelum ramadhan tiba, 1-2 bulan sebelum ramadhan.

Bulan puasa juga identik dengan pengeluaran bertambah. Bulan puasa bukan hanya mengendalikan hawa dan nafsu, tapi juga merupakan pengendalian diri. Dahulukan Needs daripada Wants. Hindari pemakain kartu kredit sebagai dana darurat di bulan puasa dan idul fitri, kita juga harus bijak dalam mengenal buka puasa bersama, hindari kata HARUS berbuka di tempat A, B, dan sejenisnya, kecuali jika mendapatkan undangan untuk berbuka puasa bersama. Hihii ini sih dalam banget yaa :)

Ini penting, jika berniat pulang kampung atau mudik, usahakan memesan tiket lebih awal, atau manfaatkan travel fair serta early bird price untuk mendapatkan tiket murah. Sepertinya sih tahun ini gak mudik dulu deh, belum dibudgetin :(

Mbak Oney memaparkan tentang manfaat investasi lebih awal. Investasi melaui saham bisa menjadi alternatif. Trading itu mudah kok, seperti cerita Farhan, anaknya yang ditulis di sini. Menurut mbak Oney, daripada kita spent money untuk perusahaan kenapa kita gak beli saham company tersebut? Misalnya, coba kita intip atm yg ada di dompet, udah berapa lama atm tersebut kita gunakan? 5 tahun, 10 tahun atau lebih? coba hitung biaya admin bank sebulan berapa. Misalnya Rp10,000 jika atm tersbeut sudah kita gunakan selama 10 tahun, berapa total biaya admin bank yang sudah kita keluarkan? Ayoo dihitung. Naah kenapa biaya admin yang kita keluarkan tersebut kita beli aja saham bank-nya untuk investasi? Keren kan? Mudah kok, seperti cerita Farhan di link atas. Naaah iyaya, bener juga :)

Satu hal lagi menarik di sharing kemarin tentang angpao. Lebaran biasanya identik dengan bagi-bagi angpao. Sedekah itu penting loh. Tapi jangan lupa budgetin. Bikin sistem nama, siapa-siapa aja yang diberikan angpao. nah jika ternyata ada tambahan orang yang ingin diberikan sementara budget angpao sudah habis, jangan dipaksakan, Tega gak tega harus tega :)

Pokoknya senang bisa ikut #TUMLuncheon, semua event TUM sih jangan ditanya pasti oke dan bermanfaat. Apalagi kali ini, mbak Oney enak banget memaparkan, ringan tapi ngena. Istilah yang digunakan juga sedrhana, yang sering kita dengar sehari-hari. Senang luar biasa bisa, thanks mbak Oney :*

Di acara tersebut, juga ada sesi dari HappyFresh. Apa itu HappyFresh? HappyFresh adalah online grocery shopping Mobile App yang tersedia di Google Play dan Apps Store, delivery dalam waktu 1 jam dimana jam delivery dapat kita atur sendiri. HappyFresh bekerjasama dengan Farmers Market dan ranch Market menyiapkan Semua item jenis grocery yang dapat diantar (dry goods, fresh produce seperti ikan, ayam, daging,  sayuran, buah, bahkan ice cream) – exactly seperti urbanmama berbelanja sendiri di supermarket.

Metode pembayaran: COD dan Credit Card. HappyFresh dapat dijadikan alternatif belanja hemat saat bulan puasa. Duuh berharap HappyFresh segera delivery di area Bogor juga, saat ini sih masih area Jakarta dan sekitarnya. Kemarin nyoba belanja di HappyFresh, belanja bulanan memanfaatkan voucher yang dibagikan di goodie bag. Total belanja Rp324,000 tetapi hanya bayar Rp224,000 dan saya request diantar hari ini ke kantor suami. Thank you HappyFresh atas solusi belanja gak pakai ribet, apalagi udah mau puasa kaya gini.

 

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: