Products The Urban Mama

Sudah Sarapan Pagi Ini?

December 18, 2015

Beberapa hari yang lalu, saya menghadiri #TUMLuncheon dan #NestleBerbagiPesan yang diadakan di Pipiltin Cocoa Senopati, temanya menarik banget dan lucu, Stop Breakfast Battles. Saya sendiri mewajibkan anak-anak dan suami harus sarapan sebelum beraktifitas, biasanya paling sederhana adalah sarapan roti, nasi goreng atau sereal. Ternyata, saya sama dengan Ninit Yunita, co-founder The Urban Mama yang sharing dengan kami saat itu. Menurutnya, sarapan itu adalah warisan dari ibu, yang juga mewajibkannya sarapan setiap pagi. Biasanya kalau gak sarapan, makan siang suka kalap, menurut teh Ninit. Sama dong kita teh :) Sarapan itu ibarat bahan bakar untuk melakukan aktifitas dari pagi hingga siang hari, jadi kebayang dong lemasnya kalau gak sempat sarapan. Yang menarik dari sharing teh Ninit saat itu adalah, beliau selalu melibatkan anak-anak dalam memilih dan menyiapkan sarapan.

Menurut Ece Duruken (Regional Nutrition & External Affair Manager dari Nestle Breakfast Cereal), anak yang mendapatkan sarapan, perform-nya 4,5 kali lebih baik di sekolah dibanding anak yang tidak sarapan. Oleh karena itu sarapan penting untuk anak-anak dan tentunya orang dewasa juga. Nutrisi yang terkandung di dalamnya juga perlu diperhatikan, bukan hanya “asal makan aja”. Sarapan sebaiknya menyiapkan 15-25% kebutuhan gizi sehari. Jika rata-rata kecukupan energi pada anak usia sekolah sekitar 2.000 kalori dan 40 g protein sehari, jadi sarapan diharapkan terdiri dari 300–500 kalori dan 16 g protein. Sarapan yang baik adalah sarapan yang seimbang, dan mencakup beberapa kelompok makanan.

Kalau Lana paling suka sarapan sereal, Koko Krunch atau Honey Star dari Nestle. Dia sendiri yang menyiapkan sarapannya, karena saya memang sengaja menyimpan sereal tersebut di rak yang mudah dijangkau olehnya. Semakin yakin dengan Nestle Breakfast Cereal ketika mendengar penjelasan dari Mbak Fifi dari Nestle yang berbagi dengan kami tentang manfaat gandum utuh yang tersedia di semua jenis sereal Nestle. Kelebihannya jauh lebih banyak dibanding pilihan sarapan lainnya, misalnya Nestle Breakfast Cereal lebih banyak mengandung vitamin dan mineral dibanding kalori. Dalam setiap sajian Nestle Breakfast Cereal mengandung 10% kalori, 20% kalsium, 25% besi dan 25% vitamin. Nestle Breakfast Cereal berasal dari gandum utuh yang memiliki banyak manfaat. Gandum utuh terdiri endosperma, kecambah, dan kulit gandum. Endosperma mengandung karbohidrat yang menghasilkan energi. Kulit gandum mengandung serat yang dapat menyehatkan pencernaan. Kecambah mengandung vitamin B, protein, mineral. Mengkonsumsi gandum utuh membantu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, dan obesitas. Lengkap kan?

Kalau saya suka makan sereal Fitnesse atau Corn Flakes, kadang dicampur buah pisang atau stroberi. Rasanya enak dan gak terlalu manis. Oiya ternyata, Nestle Breakfast Cereal juga rendah gula. Dalam semangkuk Koko Krunch hanya mengandung sekitar 2 sdm gula. Jangan lupa perhatikan cara penyajian sereal dengan benar ya. Siapkan susunya terlebih dahulu kemudian serealnya. Saya suka ketuker nih :)

Jadi, gak ada alasan lagi kan untuk mengatakan “tidak sempat sarapan” pagi ini :)

 

 

 

 

You Might Also Like

3 Comments

  • Reply Yeye December 18, 2015 at 10:49 pm

    Sama teh.. Sarapan di rumah aku mah wajib banget.. Selain meningkatkan konsentrasi, sarapan konon ktnya bs memperbaiki mood lho :)

    • Reply Ipeh December 19, 2015 at 6:49 am

      Sepertinya ya, gue soalnya kalau kelaparan suka bete, gak karuan dan marah-marah aja bawaannya :p

  • Reply Jade Ayu December 20, 2015 at 4:50 pm

    Iyahjh, wajib sarapann. Klo nggak ga kuat nyapu ngepel dll. Haha..

  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: