Lana Review The Urban Mama Yoona

Selamat Tidur Nyenyak Lana & Yoona

May 22, 2015

Teman-teman khususnya seorang ibu pasti setuju bahwa tidur penting untuk perkembangan anak. Seperti yang saya baca di sini. Menurut seorang dokter anak yang banyak melakukan penelitian seputar masalah tidur pada anak, Judith A. Owens, M.D., MPH, sebagaimana di kutip detik.com, anak balita membutuhkan 12-14 jam dalam sehari semalam untuk tidur. Jika si kecil tidur 10-12 jam diwaktu malam, Upayakan agar mereka tidur siang selama 2 jam.  Seiring dengan pertambahan usia anak balita, jam tidur siang biasanya akan berkurang atau bahkan mereka tidak tidur siang lagi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 50% anak usia 4 tahun masih perlu tidur siang, sedang ketika usia mereka menginjak 5 tahun, 70% diantaranya sudah berhenti tidur siang.

Lana (6 tahun) jarang sekali tidur siang, kalau adiknya Yoona biasanya tidur siang selama 1-1,5 jam. Lana & Yoona tidur malam sekitar pukul 8 atau 8.30 dan bangun pukul 5 pagi. Berarti jika ditotal keduanya jam tidur Lana saat ini 10 jam dan adeknya Yoona sekitar 11-11,5 jam, berarti masih kurang dari jumlah tidur yang seharusnya yaitu 12-14 jam. Karena saya sadar kan hal itu, saya berusaha semaksimal mungkin agar anak-anak saya Lana & Yoona tidur nyenyak di malam hari agar ketika bangun di pagi hari mereka sudah segar karena tidur lelap dan cukup.

Berikut beberapa tips yang saya lakukan agar anak-anak tidur nyenyak di malam hari:

  • Pakaian tidur yang anak-anak kenakan harus nyaman, bahannya kaos atau katun dan mudah menyerap keringat. Ukurannya pun pas, tidak kesempitan atau kelonggaran.
  • Suhu kamar pas, suhu ac sekitar 25-26’c. Tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin
  • Ritual tidur yang menyenangkan. Anak-anak senang banget dibacain buku cerita atau dinyanyikan sambil ditepuk-tepuk punggungnya aka dimpok-mpok :)
  • Penerangan di kamar tidur. Lana dan Yoona sudah terbiasa tertidur dengan lampu kamar dimatikan. Tidak terlalu gelap karena masih ada cahaya dari lampu teras tepat di sebelah kamar anak-anak
  • Menggunakan pengusir nyamuk elektrik. Saya menggunakan Baygon Liquid Elektrik, perlindungan anti nyamuk yang tepat untuk anak-anak saya, Lana & Yoona, tanpa asap, tanpa repot, dan tentunya tanpa nyamuk. Biasanya saya memasang Baygon Liquid Elektrik beberapa jam sebelum jam anak-anak tidur malam, dan mematikan ketika mereka sudah teridur

Semoga beberapa tips di atas bermanfaat untuk para ibu lainnya ya. Punya tips bagaimana si kecil supaya tidur nyenyak, kebiasaan atau rutinitas ibu menjelang anak tidur? atau cerita bagaimana kebiasaan si kecil tidur di rumah? Yuk ikuti #TUMBaygonBlogCompetition hadiahnya uang tunai dan voucher, lumayan kan buat persiapan ramadhan nanti :)

Baca selengkapnya di sini ya.

You Might Also Like

3 Comments

  • Reply zata May 29, 2015 at 7:56 pm

    Samaan dong yaa kaka Lana dan adek Yoona tips2nya.., KenCaBil di rumah juga gak bisa tidur kalau ada nyamuk meski pun cuma satu dua ekor.., makanya penting banget pake anti nyamuk yang tepat untuk kamar mereka …

    • Reply Ipeh June 2, 2015 at 6:56 pm

      Zata, iya nyamuk itu kan berisik banget, meski satu tp bunyi ngiung-ngiungnya ituloh. Dan kulit anak2 termasuk sensitif kalau digigit nyamuk, bentol dan anak2 suka garuk2 bentolnya sampe luka, duh. Makanya pakai pelindung anti nyamuk ini, so far cocok dengan Baygon Liquid Elektrik sih.

  • Reply Nathalia DP June 17, 2015 at 12:28 pm

    jav juga susah tidur siang, harus dibikin cape dulu paginya :))

  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: