Products Tips

Rumah Bersih dalam Hitungan Menit

November 16, 2016

Rumah bersih dan rapi merupakan idaman semua keluarga. Siapa sih yang tidak memimpikan bisa bersantai di sofa tanpa khawatir tentang mainan anak-anak yang berserakan dimana-mana, cucian yang belum disetrika, lantai yang belum disapu, dan sebagainya. Saya masih ingat ketika saya masih belum memiliki anak di rumah, lebih santai rasanya karena tidak perlu sering-sering beberes rumah. Sekarang? kehadiran dua anak kecil di rumah memiliki tantangan sendiri dalam membersihkan rumah.

Definisi rumah idaman pun berubah. Kalau dulu, rumah idaman saya adalah rumah sederhana, halaman luas, lantai cling dan selalu mengkilap, furniture bergaya modern. Kalau sekarang? saya hanya ingin memastikan rumah kecil saya dalam keadaan bersih dan rapi, sehingga nyaman untuk anak-anak bermain di dalam rumah. Tak ada lagi furnitur yang berukuran besar di dalam rumah, tidak ada lagi kursi dan meja kayu yang awalnya kami fungsikan sebagai kursi tamu. Semua berubah. Saya dan suami merubah fungsi beberapa ruang di dalam rumah, tak ada ruang tamu, meja makan. Karena ruang sangat terbatas, ruangan dalam rumah hanya dibagi menjadi beberapa bagian, kamar tidur (utama dan anak-anak), dapur, kamar mandi dan ruang keluarga.

file1

Meski sudah menerapkan aturan kepada anak-anak bahwa “setelah bermain harus dirapihkan”, ya tetap aja saya sering menemukan rumah dalam keadaan seperti kapal pecah, sampah dimana-mana, bekas playdoh nempel di karpet, kadang saya menginjak kepingan lego di lantai. Bahkan saya masih ingat, suatu waktu Lana menyimpan bekas slime yang dibuatnya di dalam lemari pakaian, dan saya menemukan itu ketika saya beberes pakaian di lemarinya. Rasanya, sumbu sabar saya langsung berada di titik nol. Tapi namanya juga anak-anak ya :p

file

Dan sekarang definisi rumah idaman saya setelah berkeluarga dan memiliki anak berubah, yang penting rumah bersih dan rapi. Saya percaya bahwa rumah itu cerminan pemiliknya, dan rumah bersih juga tentunya sehat bukan? Membuat rumah menjadi bersih, sehat dan nyaman ternyata mudah kok, yang penting kita rajin dan konsisten membersihkan dan merawat rumah tiap hari. Iya tiap hari, karena dengan tiap hari tentunya kita akan menjadi terbiasa. Kata kuncinya adalah “kebiasaan”. Seperti kata pepatah, ala bisa karena biasa. Dan ternyata tidak sulit dan gak perlu waktu lama kalau membersihkan dan merapikan rumah, hanya dalam hitungan menit kok. Oiya ini berlaku untuk rumah saya yang kecil mungil ya yang luas bangunannya sekitar 45m2. Kalau luas rumah lebih besar mungkin lebih banyak waktu yang dibutuhkan.

Ini dia tips membersihkan dan merapikan rumah dalam hitungan menit ala saya:

  • Ketika beberes rumah, siapkan beberapa kantong untuk memilah barang-barang dan satu keranjang/box. Misalnya 3 kantong besar: satu kantong untuk sampah/kertas bekas, satu kantong untuk mainan/barang yang sudah tidak terpakai, satu kantong lagi untuk mainan yang masih atau sering dimainkan. Nah satu kantong terakhir ini bisa dirapihkan lagi di lain waktu sesuai dengan tempatnya masing-masing. Sementara satu keranjang untuk menyimpan pakaian kotor dikumpulkan di keranjang tersebut. Terakhir keranjang isi pakaian kotor tadi disatukan dengan pakaian kotor lainnya. Yang penting tidak terlihat berantakan. Merapikan semua ini saya butuh waktu sekitar 3-5 menit.
  • Merapikan tempat tidur. Biasanya saya tinggal menarik seprei, selimut dan merapikan bantal hingga terlihat rapi. Total waktu yang dihabiskan sekitar 2 menit untuk 2 kamar.
  • Cuci semua piring yang kotor dan menumpuk, saya paling gak betah melihat tumpukan piring dan gelas kotor di westafel karena membuat dapur menjadi kotor, berantakan dan bau dapur bisa saja menjadi tidak sedap.
  • Ambil lap basah untuk membersihkan noda yang menempel di meja, kursi dan di lantai.
  • Terakhir bersihkan ruangan dan lantai menggunakan vacuum cleaner. Saya mesti bilang many thanks buat penemu vacuum cleaner ini. Lebay gak sih? nggak dong, karena menurut saya vacuum cleaner ini wajib dimiliki setiap mama karena usefull indeed. Mau bersihin lantai, tinggal colok, mau bersihin dinding, sela-sela lantai, meja, karpet, tinggal nyalain vacuum cleaner aja. Pakainya pun gak perlu tiap hari, bisa 2-3x seminggu. Nah, membersihkan rumah pakai vacuum cleaner, bisa menghabiskan waktu sekitar 5-8 menit.

file2

Membahas tentang vacuum cleaner, kenapa sih alat ini penting banget buat saya? Seperti yang saya info sebelumnya, vacuum cleaner dapat membersihkan lantai dan karpet, dapat menyedot debu dan kotoran yang kasat mata sampai 0,3 mikronmeter, kebayang gak seperti apa 0,3 mikron itu? kalau sehelai rambut manusia sekitar 100mikron, nah ini 0,3-nya, kebayang dong kecilnya seperti apa. Ini bisa bersih sama yang namanya vacuum cleaner. Yang terpenting, udara bersih dan tidak ada debu yang terlepas kembali ke udara, tidak seperti sapu. Penggunaan sapu secara kasat mata sih bersih, tapi kebayang kan debunya terbang lagi ke udara di dalam rumah. Nah teknologi canggih vacuum cleaner ini bisa ditemukan pada vacuum cleaner dari Electrolux.

file3

Saya sendiri menggunakan vacuum cleaner Electrolux Dynamica tipe ZS301 yang bentuknya stick, lebih ringan dan praktis, mudah untuk membersihkan di titik tertentu, serta penyimpanannya juga mudah. Tinggal arahkan vacuum cleaner ke sekeliling perabot, karpet dan lantai rumah. Daya maksimum watt yang digunakan juga terbilang kecil, hanya sekitar 400watt untuk pemakaian pertama. Designnya juga oke, stylish dan ramping, beratnya hanya sekitar 1,6 kilogram dan dilengkapi dengan kabel panjangnya sekitar 6meter. Sebenarnya sih naksir yang tanpa kabel, tapi tipe Dynamica ini juga udah pas sih buat rumah kecil saya. Gagangnya juga mudah digenggam jadi saya lebih leluasa membersihkan ruangan. Persis seperti sapu, tapi sapunya lebih modern. Si sapu modern ini juga mudah dicuci loh ma.

Ditambah lagi vacuum cleaner dari Electrolux sudah sangat terpercaya dan dijamin kualitas dan teknologinya. Bayangkan saja sudah lebih dari 100 tahun Electrolux menjadi ahli di bidang penghisap debu dan invosinya, mulai diperkenalkan sejak tahun 1912 dan mendapatkan predikat vacuum cleaner nomor 1 di Asia Tenggara. Canggih ya.

electrolux-vaccum

Kehadiran vacuum cleaner dari Electrolux ini benar-benar memudahkan saya dalam membersihkan rumah secara cepat hanya dalam hitungan menit, bersih dan tentunya sehat.

You Might Also Like

2 Comments

  • Reply Jade Ayu November 21, 2016 at 12:55 pm

    Rumah bersih bikin keluarga sehat ya teh

    • Reply Ipeh November 22, 2016 at 12:16 pm

      iya yu dan bikin hati juga happy. ya kan? :)

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: