Lana Stories

Mengikuti Kejuaraan Tae kwon do

August 23, 2017

Sekitar pertengahan bulan juli kemarin, Lana berkesempatan mengikuti kejuaraan tae kwon do Konsorsium Taekwondo Bogor Cup (KTB) se Jawa Barat. Ini kali keempat Lana mengikuti kejuaraan selama dia bergabung di Training Center (TC) Academy Sipjin di sekolahnya seperti yang pernah saya ceritakan di sini. Sebenarnya, persiapan-nya sama seperti kejuaraan-kejuaraan sebelumnya, hanya saja bulan Juni kemarin bersamaan dengan ibadah puasa Ramadhan.

Awalnya saya mengira, Lana tidak akan sanggup mengikuti latihan fisik dan teknik selama bulan puasa, tapi alhamdulillah ternyata tidak. Dia tetap selalu semangat mengikuti latihan setiap harinya dengan durasi sekitar 90 menit yang dibagi dengan dua sesi dan Lana tetap menjalankan puasa. Hampir tiga minggu lamanya Lana dan teman-temannya mengikuti latihan selama bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri semua atlet diliburkan.

Selama libur, bukan berarti anak-anak tidak latihan. Setiap atlet yang akan mengikuti kejuaraan diberikan PR (pekerjaan rumah) berupa latihan fisik tiga kali selama sehari, berupa skipping 250 kali, sit up, push up, back up masing-masing 25 kali. Sekitar dua minggu setelah hari raya, semua atlet kembali mengikuti latihan. Lana dan teman-temannya mendapatkan bimbingan dan pelatihan secara intens setiap hari dari kepala pelatih dan asisten pelatih.

Selama hampir sebulan, para atlet menjalani proses latihan selama 2x setiap hari. Pagi hari Lana mengikuti latihan fisik dan sore hari, latihan teknik dan latihan kecepatan. Setiap harinya baik pagi dan sore hari diberikan latihan yang bervariasi, dan intensitas latihan juga berbeda, mereka tidak boleh latihan berat setiap harinya. Program latihan ini ditujukan agar Lana dan teman-temannya yang akan mengikuti kejuaraan memiliki kondisi fisik yang prima, memiliki teknik, taktik, dan strategi yang baik saat pertandingan.

Tentunya, kegiatan Lana ini harus didukung oleh kami orang tua, selain dukungan semangat, mental, saya dan suami harus siaga antar jemput, menemani saat berlatih. Biasanya, jika latihan pagi hari di Lapangan Sempur, suami yang mengantar, menunggu beberapa menit kemudian berangkat ke kantor di Jakarta, dan Lana dijemput oleh saya. Sore hari saya yang mengantar dan menemani hingga selesai latihan. Saat hari kejuaraan, saya dan suami selalu hadir memberikan semangat sebelum bertanding. Saya pun tak lupa juga berbagi tugas antara mengantar Lana dan memenuhi kebutuhan Yoona adiknya. Selama Lana semangat mengikutinya dan mau bekerja keras, kami sebagai orangtua pun akan mendukungnya dengan sepenuh hati. Alhamdulillah, untungnya para orang tua di klub SIPJIN ini selalu kompak, saling membantu, jadi berasa kami memiliki keluarga baru.

Saat pertandingan, Lana bermain di kategori Pra Cadet Putri B under 21 kg dan bermain di hari pertama. Babak demi babak dilalui dengan baik dan alhamdulillah di kejuaraan KTB Cup ini dia mendapatkan medali emas. Ini diluar dugaan saya, karena di babak final lawan Lana, tingginya cukup jauh dari Lana. Di babak tersebut, saya tidak memiliki keberanian menonton langsung. Makanya ketika mendengar Lana menang, saya tiba-tiba lompat kegirangan. Bukan karena Lana juara dan mendapatkan emas, tetapi Lana bisa membuktikan bahwa dia memberikan penampilan terbaiknya saat bertanding, semangat, mental baik serta percaya diri. Persiapan dan latihan dia jalankan dengan tekun, disiplin berbuah manis. Selamat kakak, tetap semangat untuk berlatih.

 

 

 

 

You Might Also Like

2 Comments

  • Reply Yeye August 25, 2017 at 8:55 am

    Bangga deh sm Lana, keren banget klo liat dia latihan di IG dikau peh.. Semangat terus yah Kakak Lana :*

    • Reply Ipeh August 30, 2017 at 8:17 am

      terima kasih bumil cantik nan kece. doakan ya supaya istiqomah di taekwondo :p.

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: