The Urban Mama

Menanti Duet Ibu Elly Risman dan Adhitya Mulya

March 11, 2016

Sekitar tiga minggu lagi #TUMModernMama 2016 kembali lagi, kegiatan tahunan yang diadakan oleh The Urban Mama dalam rangka memperingati Hari Kartini setiap bulan April. Alhamdulillah event ini tak pernah terlewatkan oleh saya, saya selalu kagum dengan sosok Ibu Elly Risman, selalu terpana dan tertampar setiap mendengar penyampaian Beliau. Saya mungkin sepersekian ibu-ibu di luar sana yang mengagumi Beliau, selalu menanti seminar parenting yang disampaikan oleh Ibu Elly Risman dan rela mengeluarkan ratusan ribu untuk menghadiri dan mendengarkan pemaparan dari psikolog perempuan yang fokus pada parenting dan pendidikan anak ini. Dan alhamdulillah saya pun sebagai TUMFamily sangat beruntung tiga tahun berturut-turut bisa mengikuti seminar beliau secara gratis. Terima kasih The Urban Mama.

ibu elly

Ibu Elly Risman Musa, MPsi., adalah Psikolog yang menspesifikasikan diri pada psikolog anak. Lulus S1 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada tahun 1979. Ibu Elly Risman juga sempat mendalami pendidikan keorangtuaan di Florida State University Talahase. Tahun 1998 bersama Neno Warisman membentuk Yayasan Kita & Buah Hati yang memiliki spesifikasi dalam bidang Pengasuhan Anak dalam Keluarga. Saat ini beliau juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak maupun elektronik.

Tahun ini, #TUMModernMama lebih spesial dengan kehadiran Adhitya Mulya yang terkenal dengan blog-nya suamigila.com. Kang Adhit, sosok urban papa yang memiiliki 2 orang putra, penulis novel dan skenario film sangat terkenal dengan tulisannya yang ringan tetapi menusuk kalbu :p. Pasti dong sudah membaca novel Sabtu Bersama Bapak? atau novel lawas yang sudah difilmkan yaitu, Jomblo? Nah Kang Adhit inilah penulisnya. Saat ini sayapun menanti tulisan beliau di buku terbarunya Parent’s Story (jangan lupa ikutan PO nya ya, dapat diskon 20% dan TTD Adhitya Mulya lho, bisa order di sini), dan tentunya film Sabtu Bersama Bapak yang konon akan tayang di bioskop bulan Maret ini.

adhit

#TUMModernMama 2016 akan mengangkat tema Raising Children Who Think For Themselves. Tema ini sangat menarik mengingat saat ini kita mengalami perkembangan zaman yang terus memberikan tantangan yang berbeda. Tantangan yang kita hadapi dulu saat kita menjadi anak, tentunya berbeda dengan tantangan yang harus dihadapi anak-anak kita kelak. Sebagai orangtua, apa yang perlu kita siapkan agar mereka siap menjalani rintangan dan hambatan itu sendiri? Karena tugas orangtua adalah untuk menanamkan values agar mereka, anak-anak kita siap menghadapi tantangan.

Adalah tugas orangtua untuk memperlihatkan pada mereka, tantangan mereka di masa depan. Bukan tugas kita sebagai orangtua untuk menyingkirkan tantangan. Itu, tugas mereka.

Ibu Elly Risman, akan menyampaikan materi tentang Kiat Membantu Anak Mandiri. Topik ini bertujuan memberi keterampilan pada orang tua dalam mengajarkan anak menjadi mandiri, mampu mengambil keputusan yang tepat dan bertanggung jawab atas pilihannya.

Materi meliputi:

  • Fakta otak, faktor penggerak kemandirian
  • Membuat “sesuatu yang terjadi”
  • Batasan mandiri, cara memperolehnya, mengenali kemampuan
  • Supervisor kemandirian
  • Merefleksikan kemampuan anak serta memberi kebebasan pada anak

Sementara kang Adhitya Mulya akan berbagi mengenai Helicopter Parenting. Topik ini pernah ditulis oleh beliau di sini. Helicopter parenting ini akan berguna dalam memperlihatkan anak akan tantangan masa depan. Dalam memperlihatkan konsekuensi dari tindakan-tindakan agar mereka dapat menantisipasi masalah. Kita sebagai orang tua mencoba tunjukkan kepada anak, rintangan, hambatan, tantangan yang ada di depan mereka. Beberapa hal, sama setiap jaman (dan dapat kita peringatkan). Beberapa hal, hanya akan terjadi unik pada generasi mereka (tidak dapat kita kira, sebagai orangtua). Yang kita tidak lakukan adalah, menyelesaikan rintangan dan hambatan itu untuk mereka. Langkah selanjutnya yang tepat adalah, menyiapkan mereka agar mereka siap menjalani rintangan dan hambatan itu sendiri.

Menarik bukan? Makanya saya sangat menantikan #TUMModernMama tahun ini. Semoga kalian juga ya, jangan lupa ikutan dan daftar di sini. Jangan sampai kelewatan dan menyesal :)

See you!!!

TUMModernMama2016-poster

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: