Health

Manfaat dan bahaya madu untuk anak usia kurang 1 tahun

October 31, 2012

Pagi ini saya membaca majalah Sang Buah Hati, free magazine yang saya dapatkan ketika menghadiri talkshow yang diselenggarakan oleh Mothercare. Dan saya tertarik pada artikel Nutrisi dalam majalah tersebut yang berjudul “Manfaat dan Bahaya Madu”. Di headlines artikel tesebut disebutkan bahwa “Penelitian menyebutkan, di dalam madu kemungkinan besar mengandung spora botulisme yang bisa menyebabkan keracunan pada bayi”.

Sebenarnya saya sudah lama mengetahui informasi tersebut bahwa madu gak boleh untuk anak usia sebelum 1 tahun, ketika saya konsultasi ke dokter anak (dokter Djoko Setionegoro, SpA) waktu saya menanyakan boleh gak Lana dikasih madu (lana belum setahun waktu itu), dan dokternya mengatakan sebaiknya Jangan ya Bu dengan alasan yang sama dengan headlines artikel majalah diatas. Tapi kenapa ini menarik bagi saya? karena ada beberapa teman termasuk keluarga saya sendiri, saya melihat dia memberikan madu untuk bayinya yang jelas belum berusia setahun. Saya cuman bertanya ke mereka “ngasih madu ke ….. (tanpa menyebutkan nama bayinya) udah ditanyakan ke dokternya dulu? soalnya setahu saya bayi belum bisa untuk anak yang belum setahun. Tetapi teman dan keluarga saya cuek aja, dengan memberikan alasan “gakpapa kok, aman. Madu kan bagus”. “itu penelitian tahun berapa peh, udah lama. Jaman Rasulullah aja mereka pake madu buat pengobatan”. Belum lagi alasan “dulu gue juga minum madu pas gue masih bayi kata nyokap, buktinya gakpapa tuh”. Oke, maaf saya cuman menanyakan aja.

Dan pagi ini saya mengingat lagi kejadian percakapan tersebut karena membaca artikel ini. Ada yang menarik dalam artikel tersebut, inisih penjelasan lebih ilmiah aja.

The American Academy of Pediatrics menyarankan agar madu tidak diberikan pada anak usia dibawah 12 bulan atau 1 tahun. Jangankan madu dalam bentuk murni, madu yang sudah dicampurkan pada minuman dan makanan olahan pun sangat tidak disarankan. Mengapa? penelitian menyebutkan, di dalam amdu kemungkinan besar mengandung spora botulisme yang bisa menyebabkan keracunan pada bayi. Kontaminasi spora botulisme sangat mungkin terjadi ketika lebah melakukan tugasnya, menyebarkan putik sari ke tanah dan menghisap sari bunga. Resiko kian bertambah karena banyak madu yang tidak melewati proses pasteurisasi. Jenis spora ini biasanya memang terdapat pada madu, sayran yang belum dicuci, dan tersebar di tanah serta di udara. Bayi di bawah usia 1 tahun, umumnya belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang sempurna, sehingga mudah terkena dampak dari botulimes. Dalam hal ini bayi belum memiliki keseimbangan asam yang diperlukan untuk menghancurkan dan melawan setiap racun ataupun bakteri yang masuk ke dalam pencernaan.

Salah satu sumber yang saya baca di sini juga mengatakan:

Menurut Dr. Arianti Widodo, SpA, Kandungan Clostridium Botulinum atau Botulinum Toxin dalam madu memiliki efek yang berpotensi merusak tubuh anak di usia bayi. Senyawa tersebut berperan melumpuhkan otot-otot dan memiliki efek botoks untuk menghilangkan kerutan di wajah. Anak usia satu tahun ke bawah belum memiliki kemampuan yang baik untuk merespons senyawa ini sehingga dapat menyebabkan kejang otot, seperti otot paru-paru.”Madu lebih baik dikonsumsi anak berusia di atas dua tahun, karena sistem kekebalan tubuh mereka sudah lebih kuat dibanding anak yang berumur di bawah satu tahun,” kata Arianti, dalam sebuah diskusi tumbuh kembang anak ‘Family’s Day Out’, di Jakarta.

National Institutes of Health merekomendasikan agar mengonsumsi madu yang telah dipasteurisasi untuk mencegah efek buruk. Terutama untuk anak usia satu tahun ke bawah, karena efek alergi bisa sangat serius. Berdasarkan peringatan dari Food Standards Agency (FSA), madu mengandung spora botulisme yang bisa menyebabkan penyakit serius bahkan bisa menyebabkan kelumpuhan pada anak. Sebab, anak-anak di bawah usia satu tahun umumnya tidak memiliki kemampuan untuk melawannya.

Mohon maaf maksud saya nulis ini hanya semata-mata karena ingin share ya, berbagi pandangan saja, karena saya tahu bahwa setiap orang tua memiliki parenting style yang berbeda terhadap anak-anaknya (seperti tagline The Urban Mama), karena saya yakin setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Bukan begitu?

Semoga artikel ini bermanfaat ya.

You Might Also Like

60 Comments

  • Reply kangree March 30, 2013 at 7:16 pm

    tq informasinya…

    • Reply oyon April 10, 2013 at 2:43 pm

      thanks banget atas infonya, sangat bermanfaat sekali bagi saya!

    • Reply helmy June 13, 2015 at 7:18 am

      Info yg bagus krn banyk ortu tdk fàham dampak madu pd bayi
      .

  • Reply fransisca May 7, 2013 at 9:35 pm

    Makasii bgt bwt informasinya lngkp bgt….

  • Reply fajar May 8, 2013 at 9:04 am

    di atas disebutkan lebih baik untuk anak 2 tahunan,tp kebanyak susu formula anak usian 1th ke atas sudah di beri rasa madu,apakah aman??karna anak saya pakai sufor rasa madu,

  • Reply Meyta Safitri May 16, 2013 at 11:19 am

    info yang bermanfaat..kebetulan lagi bingung masalah pemberian madu pada bayi,

  • Reply anti May 22, 2013 at 1:48 am

    tapikan ada madu yang udah di sterilkan ,itu aman ga .karena saya lihat banyak yg menyarankan saya untuk memberikan madu ketika anak saya sakit batuk

    • Reply iîlva February 3, 2014 at 5:01 pm

      terus aku udah tlnjur ngasih nah pas sore nya bby ku langsung demam yaudah aku kasi obt pnurun demam ja
      tp aku jd hawatir klo itu bisq ngelumpuhin otot otot ada obat nya ga ya???

  • Reply Susanti Dewi May 27, 2013 at 2:26 pm

    Betul Bunda, madu memang banyak manfaatnya, anak saya pun suka akan madu. Tapi utk bayi, sepertinya jangan dulu ya… daripada terjadi sesuatu yg tdk diinginkan oleh kita, lebih baik kita hindari dulu. thanks buat infonya :)
    salam kenal

    • Reply prita June 1, 2013 at 10:50 pm

      Waduh aku baru tau nih,sdh 3x aku aku ksh madu yg di campurkan air hangat & jus alpukat nya,anakku baru 6bln,trs gimana ya,,aku jd takut,,

      • Reply hasdirsya February 20, 2016 at 10:22 am

        iya nih gimana ya. jadi takut tapi cuma setetes kok.
        bagaimana ya ?

        • Reply Ipeh February 29, 2016 at 9:17 am

          haloo,
          bismillah semoga gakpapa, insyaaAllah. Terima kasih ya sudah mampir

  • Reply inez May 29, 2013 at 7:22 pm

    thanks banget infonya, saya baru baca setelah terjadi pada anak saya, anak saya baru umur 3 bulan sama istri di beri minum madu campur air ga lama kemudian terus di muntahin setelah di minum…

  • Reply ermaristina June 1, 2013 at 9:32 am

    klo anak saya baru umur mau 8 bulan, madu saya gunakan sebagai campuran waktu bikin maem dede sebagai pengganti gula..

    • Reply mae ng June 11, 2013 at 2:43 pm

      Thanks , bgt untuk share . Q punya anak umur 17 Bln , bleh g y q kasih madu ?

    • Reply Name * July 21, 2013 at 9:32 pm

      Mendingan jangan ϑȋ̝̊̅̄ kasih madu dlu dhe anak sy ªJª udah 11 bulan msh ƍªª berani sy ksh madu, walaupun kata ☺яg웃 madu bisa bt nambah nafsu maem mendingan jangan dhe, klu buat makanan dia mendingan cukup garam ªJª vetsin jg jgn ϑȋ̝̊̅̄ ksh mbak klu dibiasin dr kecil ama rasa makanan nya jg ntar dia terbiasa koq, anak sy dr kecil ƍªª pernah sy ksh vetsin garem jg secukupnya ªJª ditm bahain dimakanan dia sbg pengganti sy ksh keju mbak.

  • Reply oliv July 18, 2013 at 8:27 am

    beneran ni… Anak ku blom ada 1bln kmrin wes d beri madu soalnya badane panas… Jadi takut ngasih madu lagi…

  • Reply Aya August 21, 2013 at 2:24 pm

    Tq infonya..
    Pdhal aku ​Ʊϑaђ beliin madu murni untuk ank ku.. Jauh ƪαǧî belinya di BIMA

  • Reply rinisrihidayati August 24, 2013 at 11:35 am

    Artikel yang bagus dan menambah pengetahuan

  • Reply tari September 3, 2013 at 7:55 am

    Saya ndak percaya bgtu aja,,,,baby ku dri umur 3 bulan sudah aku kasih madu…ndak apa2…kalo di bandingin dengan baby yg laen sekompleks yg ndak di berikan tambahan madu,,,boleh dikatakan anakku yg pling responsif terhadad rangsangan gerak, warna, ataupun suara….masa semua madu akan seperti itu…!!!!!

  • Reply dynna September 17, 2013 at 9:17 am

    Alhamdulillah anak saya yg pertama skrg usia 6thn,.sejak umur 3 bln sudah saya kenalkan madu yg dicampur air putih,.dan hasilnya,saat dia demam hingga 41 drajat respon tubuh nya msih bagus dan tidak pernah kejang,serta daya tahan tubuhnya bagus hingga sekarang,.dan adiknyapun yg skrg berusia 9bln tetap saya beri madu capur air,semua kembali ke sang pencipta dan niat orang tua nya untuk memberikan gizi tambahan pada si anak,.itu pengalaman pribadi saya,.nuwun

  • Reply zahira October 1, 2013 at 12:07 pm

    Makasih ya infonya…. Tp saya rasa g pa2 dech… Soalnya pasti lebah sll memberikan yang terbaik.

  • Reply kenzie October 15, 2013 at 12:50 pm

    arigato,…..infonya

  • Reply siti November 7, 2013 at 8:26 pm

    Terimakasih atas info nya
    Kemaren anak saya usia 5 bulan kena panas dalam terus saya. Kasih madu untuk membersih kan mulutnya

  • Reply alhaque November 12, 2013 at 2:29 pm

    Sekedar share saja, Alhamdulillah saya ngasih madu asli ke anak saya dari anak saya usia 9 bulanan, (skr anak saya 1 tahun lebih) karena isteri saya hamil lagi. madunya saya campur dengan air putih, lalu dimasukkan ke dot. saya ga ngasih dia susu formula, selain anak saya ga senang, karena saya dan isteri termasuk orang yang ga yakin dg susu formula. karena susu formula itu udah dikasih berbagai macam zat, sehingga bisa awet berbulan-bulan malah bertahun-yahun, beda dengan susu Asi yang langsung diminum anak dari sumbernya. logika saya susu formula itu susu yang udah “busuk”.
    Alhamdulillah anak saya lebih sehat dan ga gampang sakit dibanding bayi lain seusianya. berat badannya pun semakin ideal.

    saya menutip tulisan dari blog tetangga juga untuk menguatkan:
    Saya pribadi, dengan berbagai pengalaman seputar madu yang sungguh ajaib, percaya bahwa madu sangat aman dikonsumsi oleh berbagai kalangan, meski ia bayi sekalipun. Karena khasiat madu sendiri telah disebutkan oleh Allah dalam firman-Nya:

    “Dari perut lebah itu keluar cairan dengan berbagai warna, di dalamnya terdapat kesembuhan bagi manusia.” (QS. An-Nahl: 69)

    Tidak ada pengecualian untuk bayi dalam tafsir ataupun hadits yang menjelaskannya. Jalan amannya, berikan untuk bayi dan balita hanya yang refined dan purified with no additive (sudah dibersihkan dan dimurnikan)- dr.Adi Tagor Sp.A dari RS Pondok Indah Jakarta. Dan karena madu itu bersifat panas, campurkan madu dengan air sebelum memberikannya pada bayi. (http://pondokibu.com/keajaiban-madu-untuk-bayi.html)

    mohon maaf jika ada yang tidak berkenan.
    wassalamualikum.

    • Reply ricca January 23, 2014 at 6:17 pm

      Anak saya dari prtama lahi sampai sekarang umur 7 bulan saya kasih madu.karena dy memakai kompeng.jadi kompengnya saya kasi madu Ðơεlơε baru dia ♏ªªªªu ngisap kompengnya.الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ. Sampai sekarang aman.dan perkembangan anak saya ζ‍‍uƍå baik dan aktip sekali.semoga aman …amin

  • Reply odi November 17, 2013 at 1:28 am

    aku setuju dengan alhaque, soalnya aku juga udah gunakan madu untuk anak pertamaku sejak umur 1 hari lahir di dunia. Dan skarang anak saya suadah berumur 3 tahun masih tetep konsumsi madu murni. Saya juga punya pengalaman sakit diare, sembuh dengan hanya konsumsi 3 sendok madu

  • Reply BundAim November 20, 2013 at 2:36 pm

    Assalamualaikum

    saya memberikan madu yang dicampurkan dengan air hangat dan dimasukkan ke dalam botol dot ke anak saya sejak dia berumur 1 bulan, sekarang anak saya berumur 3 bulan. Alhamdulillah baik-baik saja, pupnya juga bagus, berat badannya juga naik dengan normal. Saya memberikan air madu ke anak saya karena jumlah ASI saya kurang melimpah karena anak laki-laki minumnya kuat saya siasati untuk memberikan air madu. pilih yang lebih alami daripada dikasih sufor hehehe..
    sekarang anak saya juga saya berikan air rebusan kacang hijau dan air tajin beras merah, semuanya dicampur madu. Anak saya suka.. doakan selalu kesehatan untuk anak-anak kita.

    hanya share aja :)

    Wassalam..
    BundAim

    • Reply aisah November 22, 2013 at 11:20 am

      jadi bingung padahal saya baru beli madu 1 botol, anak saya usia 8,5 bulan dan rencana mau saya kasih madu biar daya tahan tubuhnya kuat, krn akhir2 ini sering panas dan kyknya kalau siang yg ngasuh kurang ngasih susunya (sy tinggal kerja sehari penuh) dan makannya jg susah.

      • Reply heru March 20, 2014 at 11:16 pm

        Jangan takut dikasih madu, karena udah Janji Allah bahwa madu mengandung berbagai mamfaat tak terkecuali untuk bayi, sudah saya buktikan ke anak saya yang Alhamdulillah Lincah dan Responsif, Dan sama yang di rasakan Anak2 teman saya yang di berikan Madu Juga, mereka relatif lebih lincah.
        Adapun penelitian tentang madu berbahaya untuk anak dibawah 1 tahun merupakan propaganda musuh2 Islam yang ingin menjatuhkan Keagungan AlQur’an yang jelas2 menyatakan Mamfaat Madu

  • Reply ibu'valliant November 27, 2013 at 9:19 am

    anakku cowo dia doyan minum..bahkan aq kasih madu campur air putih di masukin dot ‘belum 2 menit juga udah habis hehe dari pertama lahir juga udah di kasih madu bahkan batuk pilek nya pun sembuh dengan madu..mudah2an si ga papa yah niat ku baik agar dia sehat..skang umur nya 6 blan lebih bb nya 9’6..

  • Reply maretha November 28, 2013 at 12:07 am

    Waduuuhh….
    Gimana ya kalau anak kita udah terlanjur di kasi madu???
    Soal nya aku Ʊϑaђ telanjur ngasi madu sama anak aku dari umur 3 bulan,,
    Skrg anak ku ƱϑaÑ’ umur 4 bulan…
    Apa sebaik nya pemberian madu nya di hentikan??????

  • Reply Bunda Alwi December 2, 2013 at 8:49 pm

    Thanks infonya….
    Babyku sejak 7 bl dah aq kasih madu murni buat campuran sari buah. Sampai saat ini si g papa ade’ sehat2 aja, perkembangannya bagus bngt anaknya aktif. Tp dg membaca artikel ni jd bingung jg y?

  • Reply umahbib December 9, 2013 at 8:42 pm

    Kalau yg lain pada bilang anaknya dikasih madu dari sebulan pada sehat, aq juga mau pamer aaaahhhh anakku dari lahir sampai 6 bulan juga HANYA minum ASI tanpa tambahan apapun madu atau air putih apalagi makanan…. Dan Alhamdulillah sehat BBnya bagus, sekel ga pernah sakit, 5bln 3 minggu gigi sudah tumbuh, sudah duduk dan merangkak. Aq sungguh merasakan bagusnya ASI eksklusif tanpa tambahan apapun. Dan yakin hanya akan mencoba memberikan madu bila anakku sudah lebih dari setahun….
    Tks infonya ya sist… :)

    • Reply novie January 8, 2014 at 11:43 am

      Ak jg baru x ini merasakan ASI ekslusif d ank k-2 ku..skrg berumur 5bln…alhamdulillah ga prnh skt…walaupun kk nya n ibuny sakit panas tgg…ga tertular…semoga selalu d berikan kesehatan ya allah…

  • Reply manfaat madu asli untuk balita December 15, 2013 at 6:18 am

    […] Manfaat dan bahaya madu untuk anak usia kurang 1 tahun | Mrs … http://mrs.3daysafter.net/ Sebenarnya saya sudah lama mengetahui informasi tersebut bahwa madu gak boleh untuk anak usia sebelum 1 tahun, ketika saya konsultasi ke dokter anak (dokter Djoko Setionegoro, SpA) waktu saya menanyakan boleh gak Lana …. Sekedar share saja, Alhamdulillah saya ngasih madu asli ke anak saya dari anak saya usia 9 bulanan, (skr anak saya 1 tahun lebih) karena isteri saya hamil lagi. madunya saya campur dengan air putih, lalu dimasukkan ke dot. saya … […]

  • Reply manfaat madu untuk kesehatan pencernaan January 28, 2014 at 4:28 pm

    […] Manfaat dan bahaya madu untuk anak usia kurang 1 tahun | Mrs/ http://mrs.3daysafter.net/manfaat-dan-bahaya-madu-untuk-anak-usia-kurang-1-tahun.html/comment-page-1 […]

  • Reply rave April 20, 2014 at 3:09 pm

    Hai bunda.,menurutq Madu baik banget buat tubuh..tp disini menyebutkan “DIsarankan tidak memberikan madu pada ank d bwh 1th”. Kembali ke keyakinan masing2 sih . Tp apa slhx jika qt tdk memberikn untk baby d bwh 1 th..krna setiap daya tahan tubuh itu berbeda2 ..qt hrus benar2 tw kondisi baby qt .,

  • Reply Auliya choirunnisa April 22, 2014 at 9:46 am

    Jika Tuhan Sang pencipta saja mengatakan bhwa madu brmanfaat knp mlah manusia yg mgtakn bhaya. . .alhmdulillah babyQ blm 1bln da dksi madu…sehaaaatt justru Q menghindari obat2n,,imunisasi, yg jls2 bnyk zat2 bhayax. . .

  • Reply Nenk Elsya Aulia January 29, 2015 at 8:11 pm

    thanks.. Bermanfaat bgt

  • Reply nelA April 27, 2015 at 10:50 pm

    Mksh bun infonya. Soalnya anak aku sering bgt dkasih madu sama nenek nya. Udah aku kasih tau ttp aja dkasih. Alasannya sprti kta bunda td djlsn (ngomongnya g pp). Bermanfaat bgt bun..

  • Reply dinia June 2, 2015 at 8:56 am

    Untung saya baca ini dlu tdinya sama mau memberikan madu kepada bayi saya…

    • Reply Ipeh June 4, 2015 at 6:53 pm

      senang bisa sharing.

  • Reply finca August 10, 2015 at 2:17 pm

    aq jd bingung, yg mana yg benar beritanya…anakku usia 2 bulan, kmrn smpet sembelit, tpi ktika di kasih air hangat sm madu alhamdulillah bab nya lancar kembali…

  • Reply vivi September 25, 2015 at 9:52 am

    waduh anak saya br usia 1bln,saya kasi madu pake air hangat dia suka.saya jadi takut sama efek sampingnya.

  • Reply citra October 11, 2015 at 9:28 pm

    anak saya rutin tiap mlm minum air madu setelah rawat inap 3 kali,usia 8 bln,11bln,14bln semuax gejalanya radang paru paru,saya pun ikut gak tga,terakhir usia 14 udh susah makan apapun danbelum bisa jalan, jd selalu minum formula n madu sejak gak mau makan apapu.mohon doa semuax agar bayi saya seht selalu

  • Reply Abshor November 1, 2015 at 2:08 am

    Saya punya anak umur 3 bulan, Mohon bantuan info untuk penanganan..karena udh saya beri madu kurang lebih 3 hari sebanyak 7 kali…memang semenjak diberikan itu anak saya selalu rewel…tangisan lebih keras dari biasanya, itu membuat kami panik…apakah tanda ini penyakit botulisme…? Mohon bantuan infonya, d tunggu email balasanya mas….terima kasih

  • Reply Yani Mulyani March 31, 2016 at 9:43 am

    Anak saya dari lahir sampai sekarang kelas dua SD selalu dikasih madu murni. Alhamdulillah sehat bahkan rangking satu terus di kelas nya dan pertumbuhan badannya hebat. Alhamdulillah.

  • Reply Airyn May 7, 2016 at 11:56 pm

    Bayi saya masih 4 bulan tapi saya sering bagi dia minum madu campur sama air mineral..saya ngak lihat apa effect sama bayi ,malah dia kenyang dan langsung tidur nyenyak sekali ngak bangun,bangun cuma mau susu aja,apa itu tidak baik..saya kebingunggan

  • Reply ozi June 22, 2016 at 2:31 pm

    bismillahirohmanirrohim.
    apa anda percaya dengan badan Amerika?
    anak saya kurang dari 2 bulan sudah saya kasih madu kurma yg saya beli di minimarket, sy kasih tanpa campuran air, emng lbih baik kasih campuran air si. sy ndak tau kalo madu berbahaya bagi bayi dibawah satu tahun, tp pengalaman sy ketika saya kasih madu ke anak saya yg berumur 1,5 bulan. ketika anak saya diimunisasi berumur 2 bulan, kta bidannya nanti bayinya akan demam 2 hari. alhamdulilah berkat Allah swt, anak saya ndak demam sama sekali atau rewel krn panas badannya, tp normal2 aja sperti biasa.

    • Reply N.Apri April 16, 2017 at 1:14 pm

      Jempol utk anda. Ni contoh yg saya utarakan.

  • Reply acil August 4, 2016 at 12:53 pm

    terimaksih sudah berbagi , sangat bermanfaat

  • Reply idham January 5, 2017 at 7:14 pm

    minum saja madu aman kok

  • Reply Ita February 22, 2017 at 12:59 pm

    Astagfirulllah dengan pengetahuan minim, saya udah ngasih madu ke anak saya yg baru berusia 7 bulan lebih dan skrg usia 8 bulan 6 hari, karna yg saya tahu madu baik untuk kesehatan, dengan inisiatif sndiri di keterangan aturan pakainya sih untuk anak 1 tahun 1×1 sendok makan tp krna anak saya blum setahun maka saya kasih 1/2 sndok makan, Terima kasih bun atas infonya. Mulai skrg saya berhenti kasih anak saya madu. Klo udah 2 tahun baru saya kasih lagi. Semoga anak saya ga knapa2. Aamiin.

  • Reply N.Apri April 16, 2017 at 12:26 pm

    Tidak semua informasi dari riset benar 100% . Teori saja bs berubah dr yg dulu begini jd begitu. Kdg terkesan lebih menakut takuti. Teori Bs berbalik 180 drjt krn prkembangan ilmu ad yg kita baru tahu stelah penelitian terbaru. Kadang dlm industri segala cara merubah pemikiran bahwa itu bahaya. Pdahal cara mereka untuk melariskan obat ataupun produk susu formula. Contohnya saja obat kimia skg bnyak yg canggih dan digembor2kan bangsa intelektual barat . harga tinggi krn utk pengganti biaya riset dan marketing. Padahal yg dr bahan alami /dr alam dan apalagi dianjurkan dlm Qur’an dan pengobatan dr nabi jauh lbh baik. Pdahal masa nya sdh berbeda jauh sblm ada penelitian yg mengungkapkan dan baru tahu skg. Makanya ilmuwan barat bnyak yg tercengang dan ada yg menyembunyikan informasi atau memberi tahu sedikit saja atau bahkan diputarbalikkan faktanya.

  • Reply N.Apri April 16, 2017 at 12:35 pm

    Tinggal balik ke kita saja dlm pemberian melihat kondisi anak. Jika blm yakin , Pemberian ASI lebih utama dan saya setuju drpd pemberian madu . Kalau saya pernah beri anak madu pertama kali usia 7bln kalau tdk slh. Alhamdulillah tdk mengapa. Menurut saya ASI saja dulu, kalau madu fleksibel tp jgn terlalu dini pemberiannya. Sekedar sharing bahkan sy pernah mengenalkan kurma pda anak pas baru lahir. Mengikuti sunnah nabi. Namanya pemberian kurma istilahnya tahnik. Kurma dikunyah dulu stelah halus brcampur ludah. Baru dioleskan /ditempelkan dilangit2 rongga mulut bayi. Sy yakin nabi menyontohkan ada manfaat besar dibalik itu. Trims semoga manfaat pandangan dan sharing dr saya.

  • Reply ratika wahyuni April 20, 2017 at 10:21 pm

    Anak saya umur 8 bln madu nya di campur dg makanan cuma setetes .bahaya ngak ya ?

  • Reply Dea May 4, 2017 at 12:26 am

    Menurut saya madu itu bagus untuk siapa saja yang penting tidak berlebih saat mengasih ke bayi.

  • Reply agus hermanto May 8, 2017 at 8:39 pm

    Terima kasih atas infonya saya jadi tahu untuk tidak sembarangan memberikan madu untuk anak di bawah usia 1 tahun.
    Sekali lagi saya berterima kasih.

  • Reply Lukman September 10, 2017 at 7:25 am

    Gan kalau sudah terlanjur. Cara mengatisifasi sesuatu hal yg di inginkan dengan cara gimana yach kemarin saya terlanjur ngasih madu buat anak saya..

  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: