Lana Stories

Lana & Taekwondo

May 10, 2017

Sudah hampir setahun ini, Lana (8 tahun) menekuni beladiri tae kwon do, beladiri dari Korea yang mengandalkan kekuatan kaki dan tangan. Awalnya bermula ketika Lana diminta untuk memilih salah satu club yang ada di sekolah, sebagai salah satu syarat untuk semua siswa di sekolah tersebut. Sebelumnya, Lana memilih dua opsi club yaitu tae kwon do dan panahan, namun akhirnya dia memutuskan untuk mengikuti klub tae kwon do dengan alasan “saya suka lihat kakak-kakak pakai baju tae kwon do”.

Awalnya saya sempat ragu memasukkan Lana ke klub tae kwon do atau seni bela diri lainnya dengan alasan Lana anak perempuan, takutnya nanti menjadi tomboy, lebih agresif dan merasa hebat, tetapi ternyata saya salah, di klub tae kwon do dan mungkin di seni bela diri lainnya pada umumnya mengajarkan perdamaian, mengajarkan hormat kepada senior, menghargai teman. Lagi pula, di umur Lana saat ini, tae kwon do lebih menekankan pada unsur olah raga-nya bukan bela diri-nya.

Setelah rutin berlatih dua kali seminggu di sekolah, akhirnya Lana dipilih oleh Sabeumnim (panggilan untuk ketua pelatih dalam tae kwon do) mengikuti TC (Training Center) Academy untuk diseleksi mengikuti kejuaraan nasional tae kwo ndo di Telkom Bandung kala itu. Setelah rutin berlatih hampir setiap hari, akhirnya Lana mengikuti kejuaraan pertama-nya di Kajurnas Universitas Telkom Bandung dengan raihan medali emas untuk kelas Super Pra Cadet. Rasa bangga sebagai orang tua luar biasa rasanya, bukan karena Lana meraih medali emas, tetapi saya salut dengan keberanian dan semangatnya dalam bertanding, bermain dengan baik dengan satu babak tanpa air mata. Sejak saat itu, Lana selalu semangat, tekun dan disipilin untuk berlatih tae kwon do baik di sekolah maupun di TC Academy yang diikutinya.

Sebagai orang tua, kadang saya merasa khawatir, karena tak jarang saat Lana latihan, wajahnya ketendang, kakinya luka karena terkena pukulan teman sparrin-nya, dsb. Sakit? pasti. Belum lagi melihat latihan fisiknya yang cukup berat, kadang dia merasa sesak karena sulit mengatur nafasnya dengan baik. Tetapi melihat semangat-nya Lana dan mimik muka-nya seolah mengatakan “i’m fine bun”, rasa khawatirpun hilang.

Hingga saat ini, sudah tiga kali Lana mengikuti kejuaraan tae kwon do baik tingkat nasional maupun daerah dengan raihan 2 medali emas, 1 perunggu untuk kelas Kyorugi (sparing/bertanding) dan 1 medali perak untuk kelas Poomsae-taegeuk (jurus). Kadang saya masih kurang percaya dengan kemampuan bela diri Lana, kadang masih berasumsi bahwa sepertinya Lana tidak cocok dengan beladiri tae kwon do ini, karena Lana termasuk anak pendiam, berbicara seperlunya, apalagi anaknya perempuan. Namun ternyata asumsi saya keliru. Ada beberapa manfaat dan perubahan yang saya lihat dalam diri Lana semenjak mengikuti tae kwon do ini, diantaranya:

  1. Daya tahan dan perkembangan fisik lebih Baik. Di dalam latihan tae kwon do, anak-anak dibiasakan untuk bergerak secara dinamis, misalnya latihan menendang dapat memperkuat otot tungkai kaki. Gerakan memukul, menendang, melompat, berputar berlatih keseimbangan yang tentunya melatih anak menjadi kuat. Tubuh yang secara teratur diajak berolahraga secara otomatis akan meningkatkan kebugarannya, karena otot-otot terlatih untuk bergerak, tidak kaku. Belum lagi dari sisi makanan yang dikonsumsi, Lana tidak dianjurkan makan es/minuman dingin karena dapat mengganggu nafas-nya. Alhamdulillah setahun belakangan ini, Lana jarang sekali sakit.
  2. Keberanian, mental dan kepercayaan diri meningkat. Semenjak mengikuti tae kwon do, keberanian Lana juga mulai terbentuk, mampu mengalahkan rasa takutnya, terlihat ketika dia bertanding, dia selalu lebih agresif menyerang terlebih dahulu. Di tae kwon do, jika seorang anak takut, dia akan merasa kurang mampu menghadapi lingkungannya karena pada dasarnya tae kwon do mengajarkan kepada anak untuk tidak mudah menyerah, anak-anak dapat berhasil jika mereka bertahan dan mau tetap berusaha.
  3. Membangun kedisiplinan. Latihan tae kwon do mengajarkan banyak kedisiplinan, diantaranya pada saat latihan harus datang tepat waktu, membawa dobok (baju latihan), peralatan lengkap, serius dan konsentrasi dalam berlatih, mengikuti instruksi pelatih, menolong sesama atlet dalam menggunakan body protector, dsb. Lana jika terlambat hadir latihan, secara otomatis dia harus push up dan melakukan pemanasan sendiri di pinggir lapangan. Makanya dia selalu berusaha untuk disiplin, hadir tepat waktu, karena akan ada konsekuensi jika dia tidak hadir tepat dan waku, dan tentunya ini baik untuk meningkatkan kedisiplinan-nya.
  4. Aspek Sosialisasi. Di tempat latihan, anak-anak akan bertemu dan berinterkasi dengan banyak orang, ada pelatih, siswa lain, pengurus, bahkan orang tua dari teman, dengan begitu interaksi anak semakin lebih terbuka untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasinya dengan baik. Tak jarang Lana bertemu dengan teman yang usianya lebih tua dan lebih muda, teman yang berbeda sabuk darinya, disinilah dia belajar untuk menghormati dan menghargai. Di kejuaraan-kejuaraan, Lana juga kadang mendapatkan banyak teman baru, usai bertanding biasanya dia berkenalan dengan lawan sparringnya, bahkan bermain bersama.

Berikut salah satu video Lana saat pertama kali mengikuti Kejuaraan tae kwon do (Lana – mengenakan body protector dan head guard Biru):

https://www.facebook.com/musdalifa/videos/vb.1314433271/10210954087430880/?type=3&theater

Saat ini, Lana selalu semangat mengikuti latihan rutin bersama klubnya, mereka disiapkan untuk mengikuti kejuaraan selanjutnya di bulan Agustus – Desember tahun ini. Bagi saya tae kwon do bisa dilakukan siapa saja tanpa memandang jenis kelamin anak, laki-laki atau perempuan, selama anak happy dan semangat mengikutinya. Kami tak berharap banyak, Lana bisa selalu semangat dalam berlatih, bisa terus berjuang, karena segala sesuatu tidak mudah diraih tanpa perjuangan. Kelak, kami berharap Lana dapat melindungi diri nya sendiri, bisa membantu orang lain dalam keadaan berbahaya. Tetap lah semangat dalam berlatih Lana!

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: