Education Lana

IPB-ISFA Early Child Education & Development Labschool

January 29, 2011

Ketika saya memutuskan untuk mulai kerja kantoran (working mom), saya berniat untuk masukin Lana ke PG dengan alasan Lana bisa bermain, bereksplorasi tanpa saya dirumah. Bagaimana caranya? Mengandalkan ART? Tidak mungkin. Karena saya tahu kebiasaan ART Saya, dan akhirnya memutuskan untuk menyekolahkan Lana. Setelah hunting ke beberapa PG di Bogor, akhirnya memutuskan untuk nyekolahin Lana di sini, di LabSchool Pendidikan Holistik & Karakter IPB-ISFA. Sebenarnya, usia minimal untuk memasuki kelas PG adalah 2 (dua) tahun, namun setelah konsultasi dengan psikolog di sekolah tersebut, dan psikolognya melihat langsung interaksi Lana selama trial, akhirnya diperbolehkan meskipun Lana usianya belum 2tahun ketika itu.

Di sekolah ini menerapkan kurikulum dan metode pembelajaran pendidikan holistic berbasis karakter yang dikembangkan oleh IHF (Indonesia Heritage Foundation) untuk membentuk anak secara holistic (fisik, emosi, social, kreatifitas, spiritual, kognitif, dan karakter). Menggunakan dua bahasa pengantar (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), memiliki mutu pendidikan yang baik karena merupakan hasil kerjasama IPB dan ISFA (Indonesia Singapore Friendship Association), serta tenaga pengajarnya adalah lulusan sarjana di bidang tumbuh kembang anak, keluarga, dan Gizi.

Ada beberapa program yang disediakan di LabSchool ini, yaitu :

  1. Kinder, khusus untuk usia 4-6 tahun
  2. Play Group (PG), khusus untuk usia 2-4 tahun
  3. Daycare
  4. After School Program. Program yang menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang disesuaikan dengan minat anak, seperti menyanyi, menari, menggambar, belajar Bahasa Inggris, dsb.

Akhirnya saya pun memasukkan Lana ke Playgorup dan daycare. Playgroup hanya berlangsung 2x seminggu (selasa dan Kamis) dengan durasi 3jam, selebihnya Lana ikut program daycare. Makan dan ruang tidur disiapkan, dari rumah cukup membawa susu dan pakaian ganti anak. Makan siang dan snack disiapkan oleh sekolah ini, dengan menu berbeda setiap harinya dan makanan/snack yang disajikan disesuaikan dengan standard gizi yang sudah ditentukan.

Fasilitas yang disediakan oleh Labschool IPB ini diantaranya:

Fasilitas dalam ruang meliputi: Ruang kelas 6 unit dengan aneka buku dan sentra, Indoor playground dengan sentra gerak motorik dan perpustakaan, Ruang Kepala Sekolah dan Guru, Ruang Tamu, Dapur, Toilet, Ruang Makan, Mushollah. Sementara Fasilitas Luar Ruangan meliputi: Halaman / outdoor playground, taman/kebun, lapangan rumput, teras, bak pasir, tempat parkir dan pos satpam. Setiap bulan diadakan outing dengan tema berbeda tiap bulannya. Seperti outing bulan Ini, murid diajak ke toko dan pemancingan Ikan.

Setiap minggunya, pengajar memberikan buku penghubung kepada setiap orang tua yang isinya perkembangan dari berbagai aspek holistik dari tiap anak setiap minggunya. Jadi orang tua pun tahu kegiatan anak tiap minggu. Diharapkan agar apa yang terjadi selama disekolah bisa dipraktekkan dirumah ataupun sebaliknya. Paling menarik dari sekolah ini adalah bimbingan dari psikolog anak secara gratis. Saya inget beberapa bulan lalu, Guru Lana berdiskusi dengan saya mengenai perubahan perilaku Lana yang kurang disiplin, suka memukul, berteriak, kadang-kadang suka mendorong. Bahkan dirumah pun sering berperilaku seperti itu. Dengan arahan dan bimbingan bagaimana cara menangani perubahan perilaku Lana tersebut. Lana sudah jarang sekali teriak bahkan memukul, sekarang dia lebih senang memeluk dan cium sambil berkata nana eyuk nda, nana ayang nda (lana peluk Bunda, Lana sayang Bunda). Over all, saya sangat puas dengan sekolah ini.

Labschool Pendidikan Karakter IPB-ISFA

Jl. Cikabuyutan No.1 Baranangsiang, Bogor 16144. Telp 0251-8321105

You Might Also Like

12 Comments

  • Reply Wagi Fatira F January 29, 2011 at 6:49 am

    Wah, senengnya yah Peh disana ada tampat kayak gini. Di Makassar kayaknya belum ada tuh. Sebagai Working Mam memang banyak yang harus dipertimbangkan. Dan off course untuk anak gak ada yang namanya setengah-setengah. All the best for them.
    Salam hormat untuk keluarga ya?

    • Reply Ipeh January 29, 2011 at 6:57 am

      @ira: mudah-mudan PG yang tidak hanya mengedapankan kognitif anak segera ada dimakassar ya,Ra. Atau Ira pindah ke Bogor? :D Bener, saya pernah nulis, mau apapun status kita, mau apapun pekerjaan dan kehebatan kita sebaga perempuan, yang paling penting adalah tanggung jawab kita sebagai Ibu dan Istri adalah hal utama.

      Terima kasih mama Ira sudah mampir di Blogku :)

  • Reply Ira January 30, 2011 at 9:23 am

    Wah, klo dah urusan anak mah, gak ada yang lebih prioritas lagi. ‘Mau mati’ judulnya. An endless topic deh. Kapan2 bisa sharing tentang anak2 y? Salam manis buat Dedek Lana dari Kakak Iyan yah? Muach…..

  • Reply nury March 21, 2011 at 7:07 am

    ipeh, gw mau trial kesini gak sempet2, sayangnya gak ada antar jemput ya

  • Reply arie May 6, 2011 at 7:47 am

    hi mamanya lana (kalo liat comment diatas di panggil ipeh ya). Met kenal ya, gue arie sesama tumblers dari bogor juga. Kebeneran lagi nyari sekolah buat Maliq neh (19 m), tertarik sama labschool ini, boleh share biayanya ga ya? thanx before :)

    • Reply Ipeh May 7, 2011 at 12:37 pm

      hai mama arie *kenalan dulu* seneng bisa ketemu di Tumblers :) Lana juga baru join bulan Nov tahun kemaren, krn disana masuknya mesti 2yrs, itu juga Lana nyuri start sebulan :) waktu pertama kali, bayarnya all Rp 5,2jt, perbulan rp 800rb krn include daycare juga. Kebetulan Sabtu midep 14/05 ada pertemuan orangtua siswa, ada adjust biaya lagi untuk tahun ajaran baru Juli besok. nanti kalo udah dapat list-nya aku infoin yaa :)

  • Reply Arie May 9, 2011 at 3:39 am

    widiiih lumayaan juga ya siap2 nabung deh. Tapi so far puas ga nyekolahin lana disana? btw kalo ga ngerepotin tolong di infoin yah biaya yang play groupnya aja hehehehe. Thanx again

  • Reply Mommy Favian November 14, 2011 at 8:05 am

    aduhhhhhh lagi nyari PG en day care yang begini……tapi di Batam koq gak ada :(

    salam kenal mama lanna

  • Reply Puti June 16, 2013 at 8:03 pm

    Hai mama Lana.. salam kenal..
    lagi browsing cari riview ttg sekolah PG di Bogor, nemu postingan ttg labschool ini..
    Aku lg hunting PG di Bogor yg bagus dalam artian punya nilai plus yg engga cuma bahasa Inggris & pengembangan kreativitas anak aja. Pas lewat Labschool Bogor, tertarik juga. Karena belum sempet datang langsung, jadi cari riview di googling.
    Mama Lana, kalo ndak keberatan, kalo punya info ttg biaya masuk PG Labschool, tolong di share dunks..
    Via email boleh..
    Sebelumnya terima kasih banyak ya..

    • Reply Ipeh June 21, 2013 at 12:06 pm

      halo Puti..
      udah aku posting di page awal ya :)

  • Reply Mona December 28, 2013 at 7:51 pm

    Hellow salam kenal, di labschool bisa terima anak umur 6th gak ya khusus untuk daycare. Kebetulan lokasinya dekat dgn sekolah anak saya di bogor raya. Jd dari sekolah bisa didrop jemputan ke labschool. Untuk daycare terakhir jemput jam brp ya? Tks alodz infonya mom

    • Reply Ipeh December 30, 2013 at 4:37 am

      Halooo, salam kenal *cipikacipiki*
      Saya coba bantu tanyakan ya mbak. Biasanya daycare sampai jam 4.30 nanti saya makesure lagi.
      Saya kabari nanti via email ya.

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: