Lana Tips

Baby Swimming

March 28, 2010

Berenang lebih tepatnya bermain air sepertinya kegiatan yang paling disukai bayi pada umumnya, termasuk Lana. Seperti yang saya kutip pada Tabloid Nakita edisi No.574/TH.XI/29 Maret – 04 April 2010 dijelaskan

“dari kacamata Psikologi, berenang dapat menjalin ikatan bonding antara orangtua dan buah hati. Dari sisi intelektualitas, anak-anak yang sejak dini diajak berenang, tingkat kecerdasan Intelektualnya (IQ)-nya lebih baik. Mengapa? Tak lain karena gerakan-gerakan yang dilakukan sikecil akan merangsang saraf-saraf tepi, yang selanjutnya saraf dibagian otak pun menjadi aktif. Inilah yang memacu kemampuan intelektualnya lebih baik. Kemampuan atau daya konsentrasinyapun tinggi”.

Pertama kali berenang, Lana usia 6 bulan, mungkin terlambat kali ya, 6mos baru diajak ‘berenang’. Sebenarnya saya sendiri suka banget berenang, dulu pas masih kuliah tingkat akhir (skripsi-ing) tiap pagi selalu berenang di kolam renang Hotel Berlian Dramaga, dekat kostan dan kampus (teman-teman yang kuliah Ipb pasti tau tempat ini). Berangkat jam 6.30am, selesai berenang biasanya jam 9.00am padahal jarak tempuh kosan ke area swimming pool memakan waktu sekitar 10menit dengan angkot, artinya saya bisa bertahan lama-lama kalo berenang :D (Kok malah cerita renang Bundanya ya).

Okey, back to the topick. Rencana berenang pertama kali dengan Lana begitu excited buat saya, malam sebelum berangkat pastinya saya persiapkan segala sesuatu buat kegiatan yang menyenangkan itu. Persiapannya kurang lebih seperti ini :

  1. Kondisi Lana harus benar-benar fit
  2. Pakaian renang. Kebetulan Lana belum punya swimsuit khusus dia, jadi baju sehari-hari disulap menjadi baju renang
  3. Neckring
  4. Handuk
  5. Dispo Diapers 2 buah
  6. Diaper Pouch yang berisi : Minyak Telon, Balsem bayi, Baby Lotion, Baby Sun Lotion, Small Washcloth, Baby Bath & Shampoo, dan tentunya Hair Lotion
  7. Baju Ganti
  8. Pastinya susu skim yang sudah disimpan di milk container, botol susu, dan air anget yang disimpan di termos khusus Lana (Maap ya saya gak memberikan ASI Exclusive buat Lana). Tapi diusia 15 bulan, Lana udah minum susu UHT.
  9. Terakhir MPASI

Dua point terakhir ini pastinya saya siapkan pagi sebelum berangkat.

Sebelum ‘masuk’ ke kolam, Lana di’susu’in dulu, dibalurin sun lotion, dipasangin neck ring (mesti dipastikan apakah neckringnya sudah terpasang dengan baik). Suhu air kolam juga dipastiin jangan terlalu dingin, setelah itu dimasukkin deh ke kolam. Awalnya sih Lana diem, gak ada ekspresi sama sekali. Mungkin anaknya masih beradaptasi, kaget, takut-takut dengan kegiatan yang sedang dilakuin itu. Ketika diajak mukul-mukul air, barulah raut mukanya berubah sumringah, selanjutnya badan Lana diangkat menyerupai gaya pesawat yang mau landing / take off, hasilnya Lana sangat menikmati. Bahkan ketika mau diangkat, Lana menangis menjerit karena masih ingin berada didalam kolam. Cukup 15-20 menit berenangnya, setelah itu mandi air anget dan minum susu lagi.

Selamat berenang semua :)

You Might Also Like

7 Comments

  • Reply amo March 28, 2010 at 7:08 pm

    lucu sekali gaya berenangnya ;)) cepet pinter ya neneeng! smoga timoy bisa secepatnya maen kesana lagi yaa *kecup!

    • Reply Ipeh March 28, 2010 at 8:47 pm

      Makasih timoy. Maen2 ke bogor yak..

  • Reply hermin March 28, 2010 at 8:59 pm

    klo kido 1st swim-nya di ember gede pas umur 3 bulanan. cuma sekedar nyemplung doang soalnya t4-nya kecil. persiapannya sih masak air hangat berpanci2..trus abis itu berenang di salah satu t4 wisata pemandian air panas (lupa boo namanya) di Bandung. sampai sekarang Kido umur 9 bulan blom sempet di ajak berenang lagi..ntr renang bareng kaka Lana yahhh…

  • Reply thalia March 29, 2010 at 5:11 am

    hihihi, lana lucuuuuu! seneng banget kayaknya, ya?

  • Reply Ipeh March 29, 2010 at 6:44 am

    @Hermin : ayoo ntar Kido berenang bareng ma Lana di Bandung ya :)

    @Thalia : iya mami Thal, liat aja mukanya senyamsenyum senang..

  • Reply nanda March 29, 2010 at 4:53 pm

    kakak Lana ajak dede syasa berenang dong ;)) dede syasa belum bisa berenang :D

  • Reply window$ April 12, 2010 at 7:57 pm

    met kenal yah mba…
    Lutcuu baby lana…aku setuju banget sedari baby udah dikenalkan air n diajak renang :)

  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: