Health Pregnancy Stories

Tiga Minggu Lagi

February 28, 2013

Hari Selasa, 19 Februari 2013 kemaren, saya sempat pendarahan yang lumayan banyak. Awalnya ketika setelah buang air kecil saya melihat ada beberapa gumpalan darah yang agak kental di closet, terus ketika mencoba membersihkan dengan tissue ternyata ada darah yang menempel di tissue. Dengan berusaha tenang saya mencoba menghubungi Iyay dan beberapa teman saya yang kebetulan pasien dr. Budi juga. Hari itu Iyay langsung ijin pulang ke rumah, sementara saya mencoba mengubungi teman-teman saya tersebut untuk mendapatkan nomor handphone dr. Budi. Saya pun gagal mendapatkan no handphone karena belum ada respon dari teman saya saat itu. Saya lalu mencoba menelpon tempat praktek dr. Budi Susetyo di Afiat PMI, oleh customer service-nya saya diminta langsung ke rumah sakit kebetulan dr. Budi masih ada di RS tersebut. 

Sempat bingung untuk ke Rumah Sakit, naik apa. Nelpon ke pool taksi Blue Bird saat itu gak ada taksi yang ready, saya harus menunggu sekitar 10menit lagi. Akhirnya saya memutuskan untuk naik angkot. Dalam perjalanan saya mendapatkan no handphone dr. Budi dari Echie (Thanks Chie!) dan saat itu saya langsung menelpon dr. Budi, hiks 2x saya telpon gak diangkat oleh Beliau. Saya coba telpon lagi alhamdulillah diangkat. Saya cerita bahwa saya pendarahan, dr. Budi nanyain usia kandungan saya berapa minggu dan letak plasenta waktu konsultasi terakhir. Akhirnya beliau meminta saya langsung masuk ke IGD untuk diobservasi. Setiba di IGD RS. PMI Bogor, saya diperiksa oleh dokter jaga siang itu, tak lama kemudian saya diminta untuk di CTG dan dr. Budi pun tiba. Beliau meminta saya utuk rawat inap karena harus diobservasi, mengingat usia kandungan saya saat itu baru 34 minggu atau sekitar 8bulan.

photo 1

Setelah diperiksa dan diobservasi selama 1 (satu) hari di kamar bersalin, ternyata Janin saya kontraksi beraturan sehingga membuka jalan lahir. Mengingat usia kandungan saya belum waktunya, saya harus diberi terapi beberapa injeksi via infus dan obat via dubur untuk mencegah kontraksi dan pematangan paru-paru janin. Setiap hari saya diberi injeksi 2x dan obat via dubur tersebut 3x sehari. Dampaknya? dahsyat sekali tangan ngilu dan area pinggul ke rahim gatal. Alhamdulillah setelah 3hari 2 malam menginap di RS saya diperbolehkan pulang, dengan syarat saya harus bedrest sampai waktu due-datenya tiba, kalau perlu “pipis di pispot aja ya dek, pokoknya tiduran aja sampai masuk usia 37 minggu” kata dokter Budi, ah selalu adem deh kalau dr. Budi ini ngobrol sama saya dan pasiennya, selalu dipanggil adek :D photo 2

Terima kasih Dieta, Unay udah datang membesuk saya di RS, TUM Family atas perhatiannya selalu nanyain kabar saya, teman-teman di twitter, mama Dista dan Nyanya *peluk satu-satu*

Selama di rumah saya tetap harus minum obat pematangan paru-paru janin ini plus obat anti kontraksi jika ada kontraksi. Dan H+3 setelah saya keluar RS masih keluar flek. Sayapun telpon dr. Budi kata beliau tidak masalah, yang terpenting saya harus beristirahat dan tidak boleh stress. Selasa kemaren tepat H+4 setelah saya keluar dari RS, janin saya kembali kontraksi dan sering. Saya pun gak bisa tidur semaleman, subuh sekitar pukul 04.00wib saya mual dan muntah beberapa kali, dan yang membuat saya sangat tidak nyaman adalah saya sulit sekali untuk bernafas, jantung dan tangan berdebar. Saya pun lemas banget. Hari itu kebetulan Iyay gak masuk kerja karena demam batpil, akhirnya saya pun kembali dibawa ke RS dianterin Iyay. Setelah diperiksa “dalam” oleh dr.Budi saya diminta untuk rawat inap lagi, karena harus diobservasi lagi, saya pun menolak. Akhirnya saya diminta untuk CTG di kamar bersalin, dan rajin kontrol ke RS, minimal 2-3 x seminggu. Yasudah gakpapa yang penting gak nginep di RS deh “pikir saya”. Nanti aja sekalian ketika waktunya melahirkan.

Mengingat saya sangat tidak nyaman dengan kondisi saya sekarang ini, saya pun akhirnya meminta untuk dilakukan SC, padahal awalnya saya pengen banget dan berniat untuk normal tapi melihat kondisi badan saya, saya dan Iyay meminta untuk SC. Namun dr. Budi nentuin kalau mau SC minimal 38weeks, yaitu tanggal 20 Maret 2013 nanti. Selama perjalanan ke tanggal 20 Maret saya harus tetap bedrest. Alhamdulillah janin saya sehat dan normal, tetapi kondisi saya yang sangat tidak fit dan nyaman. Namun saya tetap harus semangat dan menjaga supaya janin saya bisa keluar sesuai dengan waktunya, meskipun akhir-akhir ini saya masih tetap ada flek. Saat ini usia kandungan saya memasuki 35 weeks, berarti sekitar 3 weeks lagi ke usia kandungan 38 weeks. Doakan ya teman-s semoga semuanya sehat hingga due date-nya tiba, Amin.

You Might Also Like

19 Comments

  • Reply Della February 28, 2013 at 10:16 am

    Amiiiinn… Yg penting sehat semua ya ibu sm babynya. Akupun kmrn udah pgn lahiran normal tp takdir berkata lain, ketuban rembes dr 34 minggu. Caesar lg deh kita. Sun buat kaka lana dr sabine ;)!selamat jd kakak ya..

    • Reply Ipeh February 28, 2013 at 10:23 am

      Amin. Makasih Mama Della, huaa jadi keluarnya lebih awal ya.
      Kiss juga buat Sabine dan baby ya :*

  • Reply umnad February 28, 2013 at 10:18 am

    moga lancar sampai persalinan yaaa mbaa..

    Tau gmn rasanya,pendarahan-bedrest-dsb
    kmrn aq akhrnya hrs dkeluarkan di 33mgu..

    Sehat trz yaa bwt ibu n bayi nya,smg sll diberikan yg terbaik sm Alloh..

    • Reply Ipeh February 28, 2013 at 10:24 am

      Insya Alla, Amin terima kasih ya.

  • Reply asrul February 28, 2013 at 11:01 am

    Semoga dimudahkan prosesnya kak. Sabar & banyak berdoa. Hanya Allah yang Maha Kuasa & Maha penentu segalanya :)

    • Reply Ipeh February 28, 2013 at 11:11 am

      Amin terima kasih dek. Insya Allah tetep berzikir dan berdoa :)

  • Reply Mondo February 28, 2013 at 12:07 pm

    Haduuuhh ipehh.. Semoga lancar dan sehat terus yaaa. :s

    • Reply Ipeh February 28, 2013 at 8:36 pm

      Terima kasih om mande. Nanti kalau udah melahirkan jangan lupa kasih kado yaa 😁

  • Reply Ilzie February 28, 2013 at 12:21 pm

    Ipehhh baru tau critanya :( sehat sehat ya ipehhh, moga2 lancar, bs melahirkan di waktu yg tepat. Ikut doakan insya allah adenya lana sehat2 lahir selamat & sempurna. Kangen ipehh :*

    • Reply Ipeh February 28, 2013 at 8:37 pm

      Amin, makasih Ca. Iyaa kangen banget deh terakhir ketemu pas bukber kan ya? Dateng ya Ca kalo ada acara TUM lagi :)

  • Reply liactk February 28, 2013 at 2:13 pm

    ih maaf yaa aku belum nengok hiks… mudah-mudahan dirimu cepat melahirkan dengan sehat dan selamat

    • Reply Ipeh February 28, 2013 at 8:38 pm

      Gakpapa Lia, yang penting mah nanti kado kalau melahirkan #eh salah yang penting mah doa ceu :D

  • Reply Resna March 3, 2013 at 1:08 pm

    Ipeh, sehat-sehat terus yah
    smoga adeknya lana masih betah sampe 38 minggu dan bisa melahirkan dengan mudah :)

    • Reply Ipeh March 3, 2013 at 1:59 pm

      Amin ya Allah. Thanks bu dokter yg cantik :*

  • Reply laras March 8, 2013 at 9:40 pm

    semangat bu musda, semoga sehat selalu ibu dan bayi nya.. :)

    • Reply Ipeh March 8, 2013 at 9:42 pm

      Amin. Terima kasih doanya :)

  • Reply CikuCiku Batik Anak April 23, 2013 at 3:39 pm

    Tentunya sekarang sudah melewati proses lahiran ya mba, selamat ya atas kelahiran dede bayinya ^^

  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: